Polda Bali Masuk Nominator "Kompolnas Awards" 2023 dengan Kisi-Kisi Visitasi yang Ketat. - WARTA GLOBAL BALI

Mobile Menu

Top Ads

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Berita Update Terbaru

logoblog

Polda Bali Masuk Nominator "Kompolnas Awards" 2023 dengan Kisi-Kisi Visitasi yang Ketat.

Thursday 22 June 2023


Denpasar,  WARTAGLOBAL.id - 22 Juni 2023 - Kepolisian Daerah (Polda) Bali telah berhasil masuk sebagai nominator dalam ajang "Kompolnas Awards" tahun 2023. Visitasi yang akan dilakukan dalam kompetisi ini akan memperhatikan beberapa aspek penting terkait kinerja dan transformasi Polda Bali dalam berbagai bidang, seperti penyelesaian pengaduan masyarakat, pengawasan internal, pelayanan publik, dan kinerja Satuan Wilayah (Satwil).


Salah satu poin penting dalam visitasi ini adalah penilaian terhadap rasio penyelesaian Surat Keputusan Masyarakat (SKM) yang disampaikan melalui Kompolnas. Aspek ini akan melihat respon terhadap pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui Kompolnas, di mana tanggapan yang positif serta inisiatif penyelesaian yang tinggi akan memberikan nilai plus dalam penilaian. Selain itu, juga akan dikaji apakah terdapat keluhan terhadap hubungan dengan Kompolnas, sebagai indikator keseriusan dalam menanggapi komplain publik melalui Kompolnas.


Visitasi juga akan memeriksa indeks transformasi pengawasan di Polda Bali. Beberapa hal yang akan diperiksa antara lain adalah aktivitas pengawasan internal terhadap personel, penggunaan Dumas Presisi, Propam Presisi, dan E-wassidik. Selain itu, akan dilakukan pengecekan terhadap layanan pengaduan masyarakat oleh internal Polda dan juga aktifitas serta tindak lanjut dalam komunikasi publik, seperti melalui program Jumat Curhat.


Aspek transformasi pelayanan publik juga menjadi perhatian dalam visitasi ini. Tim visitasi akan mengevaluasi keterbukaan Satwil dalam transparansi pelayanan publik, baik dalam bentuk layanan, biaya, maupun waktu pelayanan. Aktivitas Kapolda dan PJU juga akan diperiksa dalam mengawasi semua bentuk layanan publik yang ada. Selain itu, akan diperiksa apakah ada upaya yang dilakukan untuk menghilangkan budaya pungutan liar (pungli), gratifikasi, dan transaksional dalam pelayanan publik.



Kinerja Satwil juga akan menjadi fokus visitasi ini. Aspek tersebut meliputi kinerja bidang pemeliharaan keamanan, bidang penegakan hukum, dan bidang pelayanan publik. Dalam bidang pemeliharaan keamanan, visitasi akan memeriksa pencapaian pelaksanaan deteksi dini dan peringatan dini melalui kegiatan operasi penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan. Langkah-langkah untuk meningkatkan kinerja operasional pada fungsi Binmas, Intel, dan Samapta juga akan diperiksa. Pencapaian dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas yang dilakukan oleh Polres-Polres juga menjadi perhatian. Selain itu, kebijakan umum dalam rangka membangun sistem sinergi polisional interdepartemen dan lembaga internasional serta komponen masyarakat dalam membangun kemitraan dan jejaring kerja juga akan menjadi pertimbangan dalam visitasi ini. Selain itu, visitasi akan mengawasi monitoring dari pandangan publik mengenai sikap masyarakat terhadap polisi dalam menciptakan keamanan dan rasa aman.


Bidang penegakan hukum juga akan menjadi fokus visitasi. Tim visitasi akan mengevaluasi pencapaian pengembangan polisi masyarakat yang berbasis pada masyarakat yang patuh hukum. Kinerja di bidang penegakan hukum akan diperiksa untuk melihat apakah terasa kinerja yang profesional, proporsional, transparan, dan akuntabel guna menjamin kepastian hukum dan rasa keadilan. Pengawasan terhadap kinerja penegakan hukum yang sesuai dengan Peraturan Kepolisian (Perkap) dan patuh pada Standar Operasional Prosedur (SOP), serta solusi jika terdapat kendala, juga akan menjadi perhatian dalam visitasi. Selain itu, akan dilihat apakah masih ada kritik terhadap kinerja anggota kepolisian dalam penegakan hukum, baik melalui pengaduan masyarakat maupun melalui media massa. Bagaimana merespon kritik tersebut juga akan menjadi pertimbangan.


Pelayanan publik menjadi aspek terakhir yang akan dinilai dalam visitasi ini. Visitasi akan mengevaluasi pencapaian pelayanan prima dalam hal pelayanan kepolisian. Kebijakan umum dalam meningkatkan pelayanan prima akan menjadi pertimbangan, dan akan diperiksa apakah sudah ada respon positif dari masyarakat terhadap pelayanan prima oleh Polri.


Dengan masuknya Polda Bali sebagai nominator dalam "Kompolnas Awards" 2023, hal ini menunjukkan bahwa Polda Bali telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan transformasi dalam berbagai bidang. Visitasi yang ketat akan menjadi ajang bagi Polda Bali untuk membuktikan komitmen mereka dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan menjaga keamanan di wilayahnya. Hasil visitasi akan diumumkan pada acara penghargaan "Kompolnas Awards" yang dijadwalkan akan berlangsung pada bulan Agustus 2023. Semoga Polda Bali dapat memberikan performa terbaiknya dan meraih pengakuan atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan. (Wr.G*)




KALI DIBACA