Jurnalis Bersama Sejarah :"Mangkunegoro IXSIJ KGPAA Mangkunegara IX / GPH." - WARTA GLOBAL BALI

Mobile Menu

Top Ads

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Berita Update Terbaru

logoblog

Jurnalis Bersama Sejarah :"Mangkunegoro IXSIJ KGPAA Mangkunegara IX / GPH."

Sunday 14 January 2024

Bali WartaGlobal. I'd, 
Sudjiwo Kusumo merupakan penguasa Pura Mangkunegaran yang kesembilan dan putra kedua dari KGPAA Mangkunegara VIII dan GKP Soenitoeti Mangkunegara VIII.

lahir pada tanggal 18 Agustus 1951, Surakarta, Jawa Tengah.

Wafat pada tanggal 13 Agustus 2021 di Jakarta dan di makamkan komplek pemakaman Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

Mangkunegara IX menikah dengan putri presiden Indonesia Pertama Soekarno yaitu Soekmawati Soekarnoputri pada tahun 1974 dan mempunyai dua anak GPH Paundrakarna Jiwasuryanegara & GRAY Putri Agung Suniwati namun pernikahan mereka berujung perpisahan pada tahun 1984.

Mangkunegara IX menikah kembali dengan anak seorang Duta besar Indonesia untuk Jepang Letjen TNI Ignatius Yogi Supardi yaitu ibu Prisca Marina Yogi Supardi atau yang dikenal dengan GKP Mangkunegara IX Pada tahun 1990 dan memiliki dua orang anak yaitu GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo lahir pada tahun 1991 dan GPH Bhre cakrahutomo wira sudjiwo (Mangkunegara X) lahir pada tahun 1997.








GPH. Sudjiwo kusumo menjadi putra mahkota menggantikan GPH. Raditya Prabukusuma karena telah wafat mendahului karena kecelakaan di Ampel, Boyolali. Kemudian dilantik menjadi Adipati di Pura Mangkunegaran sebagai Adipati yang kesembilan pada tahun 1988 di Pura Mangkunegaran.


KALI DIBACA