Operasi Team SAR Wisatawan Domestik Yang Jerjatuh Ke Jurang Mendaki Gunung Abang, Kecamatan Kintamani Berjalan Dengan baik - WARTA GLOBAL BALI

Mobile Menu

Top Ads

Whatshop - Tema WhatsApp Toko Online Store Blogger Template

Berita Update Terbaru

logoblog

Operasi Team SAR Wisatawan Domestik Yang Jerjatuh Ke Jurang Mendaki Gunung Abang, Kecamatan Kintamani Berjalan Dengan baik

Saturday 14 September 2024
 

Kintamani,Warta global Bali.id
Sabtu  14 September 2024 pukul 08.00 s.d 16.00 WITA, di Jalur Pendakian Gunung Abang, Desa Suter, Kec. Kintamani, Kab. Bangli  dilaksanakan Operasi SAR hari kedua terhadap wisatawan domestik a.n Desak Suarningsih, Perempuan, 28 th, Hindu, Wiraswasta, alamat Desa Kukuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan yang terjatuh ke Jurang saat Mendaki Gunung Abang, Kecamatan  Kintamani  Jumat tgl 13 September 2024 pukul 10.00 WITA, dengan hasil titik jatuhnya korban telah diketahui upaya pertolongan terhadap korban di hari kedua  .

Diupayakan karena jauhnya titik jatuhnya korban ditambah kencangnya angin di atas Gunung Abang menyulitkan tim SAR gabungan melakukan upaya pertolongan.

Dalam Operasi SAR dilaksanakan oleh  Kapolsek Kintamani Kompol I Nengah Sukerna, SH., MAP. beserta anggota,  Danramil 1626 - 04/Kintamani Kapten Inf I Made Yudha Kencana beserta 4 orang anggota, Ketua tim Pos SAR Karangasem I Gusti Ngurah Eka Wiryadnyana beserta 10 orang anggota, Team Sar Polda Bali sebanyak 5 orang,
di Ketua RTH Gunung Abang, KPH Bali Timur I Wayan Tangkil,  Masyarakat Desa Terunyan yang berjumlah sekitar 10 orang, team kelompok Obyek wisata trunyan sebanyak 20 orang.

 Kegiatan Ops SAR dimulai Pukul 08.00 WITA, Tim SAR gabungan berkumpul di Pos 2 pendakian Bukit Terunyan selanjutnya berangkat menuju titi pegat jalur pendakian Gunung Abang. Pukul 10.00 WITA, Tim SAR gabungan tiba di lokasi titi pegat dilanjutkan memantau posisi korban menggunakan drone dan Diketahui lokasi korban berada di perengan sisi timur Gunung Abang kedalaman sekitar 200 m dengan kemiringan mencapai 80°.

Proses evakuasi korban agak terkendala medan yang curam/terjal kemiringan mencapai 80° dan angin yang kencang menyulitkan tim SAR gabungan melakukan upaya pertolongan setalah beberapa jam sekitar pukul 20.00 Wita korban berhasil di evakuasi sampai keatas namun korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia karena jatuhnya korban didasar jurang bebatuan.

Saat dikonfirmasi kepada Kapolsek Kintamani menyampaikan " kejadian pada hari Jumat tanggal 13 September 2024 dilporkan oleh masyarakatnya pukul 11.00 Wita,  selanjutnya melaksanakan koordinasi dengan BPBD dan Koramil untuk melakukan proses evakuasi tetapi karena mendannya yang sangat sulit proses evakuasi tidak dapat dilaksanakan selanjutnya di hari kedua bersama warga masyarakat sekitar titik temu korban dapat ditemukan dikedalaman 200 meter dan proses evakuasi berlangsung kurang lebih 4 jam korban baru bisa diangkat sampai ke atas dalam keadaan meninggal dunia" terangnya.

 Kapolsek Kintamani megucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama sama melaksanakan evakuasi sehingga korban dapat ditemukan sekitar pukul 20.00 wita, korban di kirim ke RSU Bangli guna pemeriksaan medis. Kegiatan  dapat berjalan dengan aman dan lancar. " ucapnya.

KALI DIBACA